Kabar Mesir: Demonstran Mesir Menentang Jam Malam

Kabar Mesir

KlatenNews.com – Demonstran Mesir menentang jam malam di kota-kota yang bergolak di sepanjang Terusan Suez, para demonstran menyerang kantor polisi dan mengabaikan keadaan darurat yang telah diberlakukan oleh Presiden Mohamed Mursi, dan dalam bentrokan tersebut telah telah menewaskan sedikitnya 52 orang.

Setidaknya dua orang demontran tewas dalam kerusuhan semalam di kota kanal-Port Said ,dan kekerasan ini merupakan kelanjutan pekan lalu pada malam ulang tahun pemberontakan 2011 yang meruntuhkan Hosni Mubarak.

Lawan-lawan politiknya menolak panggilan oleh Mursi untuk melakukan pembicaraan pada Senin untuk mencoba mengakhiri kekerasan di Negara minyak tersebut.

Sebaliknya, kerumunan besar demonstran menuju ke jalan di Kairo, Alexandria, dan di tiga kota Terusan Suez – Port Said, Ismailia dan Suez. Presiden Mursi memberlakukan keadaan darurat dan jam malam pada hari Minggu.

“Turun, turun,,,Mohamed Mursi Tutun !! turun sekarang juga!” Teriak para demonstran.

Di Port Said, Seorang pria menyerang kantor polisi saat dini hari. Sebuah sumber keamanan mengatakan beberapa polisi dan tentara terluka dalam serangan tersebut. Sebuah sumber medis mengatakan dua orang tewas dan 12 terluka dalam bentrokan, termasuk 10 dengan luka tembak.

“Orang-orang ingin menjatuhkan rezim,” teriak para massa di Alexandria.

Awal mula Kerusuha

Para demonstran menuduh Mursi penerus Mubarak mengkhianati perjanjian revolusi 2tahun. Presiden Mursi dan pendukungnya menuduh para pengunjuk rasa berusaha menggulingkan dari pemimpin pertama Mesir yang pernah terpilih secara demokratis melalui cara-cara demokratis.

Sejak Mubarak digulingkan dari tahtanya, Islam telah memenangkan dua referendum, dua pemilihan parlemen dan pemilihan presiden. Tapi legitimasi yang telah ditentang oleh oposisi yang menuduh Mursi memaksakan suatu bentuk baru otoritarianisme, dan diselingi oleh gelombang kerusuhan yang berulang-ulang telah mencegah kembali ke stabilitas di negara Arab.

Editor : Taufiq Hidayah
Sumber : reuters

Anda dapat mengikuti semua artikel di KlatenNews.com Dengan RSS Feed. Dan anda dapat merespon dengan meninggalkan Komentar di bawah ini.

1 Komentar di: “Kabar Mesir: Demonstran Mesir Menentang Jam Malam”

  1. Semakin gak kondusif..

Tinggalkan Komentar

VALAS

Klaten News

About KlatenNews.com | Privacy policy | Terms of use | Kontak Kami | Sumbmit Konten

© 2014 Koran Online Kota Klaten. All Rights Reserved.