Antisipasi Mudik Lokal Gelar Penertiban di Checkpoint Perbatasan

Support by: Polda Jateng Cyber Team

Blitar – Guna mengantisipasi adanya pemudik lokal di Hari Raya Idul Adha tahun ini, Polres Blitar Kota menggelar razia di checkpoint Udanawu, Ponggok, dan Wonodadi. Ini sebagai bentuk upaya pemutusan mata rantai penularan Covid–19 yang kemungkinan terjadi dari kegiatan mudik di Hari Raya Idul Adha.
Seperti yang terlihat di checkpoint Udanawu di Desa Slemanan, Kecamatan Udanawu, yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Kediri kemarin. Hasilnya, memang belum didapati pemudik dari luar kota yang masuk ke wilayah Blitar. Namun, guna memastikan hal tersebut, para bertugas yang berjaga tetap menghentikan kendaraan dengan pelat luar kota yang melintas di Jalan Raya Kediri–Blitar itu. “Sampai kini kalau yang mudik itu tidak ada. Namun, kami tetap mengantisipasi masyarakat (yang mudik, Red),” terang Kepala Urusan Pembinaan Operasi (KBO) Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Blitar Iptu Nanik Suryana.
Kegiatan antisipasi ini bertujuan untuk meminimalkan risiko masuknya Covid–19 dari luar kota. Karena itu, kegiatan razia ini dilaksanakan di perbatasan kota. Ini juga merupakan bagian dari Operasi Patuh Semeru yang digelar mulai 23 Juli kemarin. Bedanya, khusus kegiatan razia di checkpoint ini hanya dilakukan hingga perayaan Idul Adha usai. “Kemungkinan ada yang mudik lokal saat Idul Adha. Jadi kami mengantisipasi agar pandemi ini cepat lewat,” tandasnya.
Selain menghentikan kendaraan dengan pelat luar kota, petugas juga melakukan screening suhu tubuh bagi pengendara yang dihentikan. Untuk itu, pihaknya juga sudah menyiapkan petugas medis untuk menangani apabila ada warga yang terindikasi tertular Covid–19. “Kami menghadirkan tenaga medis sebagai pendisiplin,” sebut perwira dengan pangkat dua balok di pundak ini.
Namun, dari hasil screening di lapangan, pihaknya juga tidak mendapati orang–orang dengan indikasi Covid–19. “Selama pemeriksaan tidak ditemukan masyarakat yang suhu tubuhnya tinggi,” akunya.
Dia mengimbau kepada seluruh masyarakat Blitar yang sedang berada di luar kota untuk tidak mudik pada Idul Adha tahun ini demi tetap menjaga keselamatan bersama dan sebagai upaya memutus mata rantai penularan Covid–19. “Kami dari Polri mengimbau seluruh masyarakat mari bersama–sama mendisplinkan diri. Karena disiplin itu merupakan vaksin,” tegasnya. (Source: radartulungagung.jawapos.com)

Support by: Polda Jateng Cyber Team

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer