Sat Lantas Polres Blitar Rilis SIM D Bagi Saudara-saudara Penyandnag Disabilitas

Support by: Polda Jateng Cyber Team

Polres Blitar Cyber News – Blitar – Kamis (13/2/2020), pemandangan di Mapolres Blitar terlihat berbeda dari seperti biasanya. Puluhan penyandang disabilitas mendatangi Kantor Satpas untuk melaksanakan pengurusan SIM D. Karena menurut Perundang-undangan yang berlaku, penyandang disabilitas memiliki hak yang sama dalam mengendarai kendaraan di jalan raya, tentunya juga harus memiliki SIM D.

Menurut Kasatlantas Polres Blitar, AKP Yoppy Anggi Krisna, S.Kom., S.I.K. pada dasarnya proses penerbitan SIM D bagi penyandang disabilitas sama dengan proses penerbitan SIM biasa. Namun yang membedakan adalah kendaraan khusus yang dipergunakan oleh pengendara disabilitas untuk melaksanakan ujian praktek SIM. Kendaraan khusus yang dimaksud adalah kendaraan yang sudah dimodifikasi sesuai dengan pengendara disabilitas.

“Kendaraan yang dimodifikasi tersebut harus memenuhi unsur-unsur keselamatan. SIM ini merupakan salah satu persyaratan dalam berkendara,” tegas AKP Yoppy.

Setelah melalui serangkaian proses ujian teori dan praktek SIM, sebanyak 19 penyandang disabilitas dinyatakan lulus ujian SIM D. Dengan demikian, mereka dinyatakan kompeten dan memiliki legitimasi dalam mengendarai kendaraan di jalan raya. Samsul Muarif (37), salah satu pemohon mengatakan, mengajukan permohonan SIM D yakni untuk sepeda motor guna menunjang aktivitasnya. Warga Kecamatan Kanigoro ini mengaku keterbatasan bukan menjadi halangan baginya untuk mengendarai sepeda motor. Oleh sebab itu dirinya bersama teman penyandang disabilitas mematuhi aturan yaitu membuat SIM D.

“Sesuai Dengan Peraturan KemenpanRB, Kita harus lebih peduli kepada difabel bukan hanya infrastruktur akan tetapi kita harus mempedulikan bagamana difabel itu bisa bekerja seperti kita. Untuk itu Kepolisian Resort Blitar memberikan pelayanan dalam bentuk proses penerbitan SIM D bagi penyandang disabilitas. Mudah-mudahan dengan memiliki SIM D, dapat memberikan manfaat bagi mereka dalam mengerjakan aktifitas sehari-hari.” Ujar Kapolres Blitar AKBP Budi Hermanto, S.I.K., M.Si.

Polres Blitar Cyber News

Support by: Polda Jateng Cyber Team

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer