Unit PPA Polres Blitar Hadiri Rakor Bersama P2TP2A

Support by: Polda Jateng Cyber Team

Polres Blitar Cyber News- Blitar – Anggota Unit PPA Satreskrim Polres Blitar yang diwakili oleh Bripda Hana menghadiri Rakor Program Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pelindungan Anak (DPPKBP3A) di Gedung BP2KP Kota Blitar, Rabu (13/11/2019).

Permasalahan anak adalah tanggung jawab kita bersama. Tanggung jawab orang tua, warga masyarakat, dan organisasi wanita yang ada di Kabupaten Blitar. Jika tidak dimulai dari sekarang kapan lagi bisa mulai untuk melindungi anak dari tindak kekerasan ini.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blitar, mengatakan di dalam Undang-Undang, anak mempunyai 4 hak dasar yang harus dipenuhi orang dewasa. Keempat hak dasar tersebut adalah hak hidup,hak tumbuh kembang, hak perlindungan dan hak partisipasi.

Sebagai orang tua kadang masih sering memaksakan kehendak atau keinginan kita terhadap anak.Yang lebih miris lagi, dari kasus kekerasan yang terlapor, kasus anak adalah yang tertinggi. Ada yag karena factor ekonomi da nada juga akibat pergaulan bebas si anak.

Ditegaskan, factor ekonomi tidak boleh menjadi alasan hak anak tidak terpenuhi. Sebab pemenuhan kebutuhan hak anak bukan hanya tugas orang tua, tapi menjadi tanggung jawab bersama baik pemerintah maupun masyarakat.

Keempat hak dasar anak telah terpenuhi, anak-anak di Kabupaten Blitar akan terhindar dari tindak kekerasan karena sudah terlindungi. Dengan terpenuhinya hak-hak anak diharapkan dapat memperkokoh status Kabupaten Blitar sebagai Kabupaten Layak Anak.

Berharap melalui rakor ini peserta bisa semakin paham tugas dan fungsinya sebagai orang tua dan warga masyarakat dalam perlindungan perempuan dan anak. Dibutuhkan sosialisasi dari lingkungan keluarga untuk pencegahan dan mengurangi angka tindak kekerasan yang terjadi kepada perempuan dan anak.
Polres Blitar Cyber News

Support by: Polda Jateng Cyber Team

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer