Siswa SMK Retas Akun Grup Facebook Berpengikut Ribuan dari Jawa dan Makassar

Support by: Polda Jateng Cyber Team

Polresta Surakarta Cyber News
TRIBUNJATENG.COM, MAKASSAR – Seorang pelajar yang berasal dari Palembang, Sumatera Selatan, berinisial J (17), diamankan tim Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Sulsel karena meretas lima akun grup Facebook yang beranggotakan ratusan ribu akun untuk dijual kembali.

Kasubdit V Cyber CrimeDitreskrimsus Polda Sulsel AKBP Musa Tampubolon mengatakan, peretasan yang dlakukan J sudah dilakukan sejak setahun terakhir.

Namun, polisi baru mendeteksinya sejak beberapa bulan yang lalu.

Menurut Musa, tindakan yang dilakukan oleh J ini sudah berskala nasional dengan membobol akun grup informasi masyarakat yang berada di Makassar, dan sebagian di Pulau Jawa.

Polisi juga menelusuri akun media sosial lain yang juga diduga di-hack oleh J.

“Ada beberapa akun Youtube dan Instagram yang berhasil dibobol oleh pelaku,” ungkapnya di Mapolda Sulsel, Selasa (30/7/2019).

Adapun J yang saat ini duduk di bangku kelas 3 SMK jurusan Komputer Jaringan (Network) di salah satu SMK di Palembang, mengaku belajar meretas secara otodidak dan hanya melakukannya seorang diri.

“Saya hanya sendiri, tidak gabung komunitas hacker,” kata J saat diwawancara awak media.

J mengungkapkan bahwa ia nekat menjual akun Facebook yang diretasnya untuk keperluan biaya sekolah.

J mengaku sudah meretas akun sebanyak lima kali. Setelah meretas, J kemudian menjualnya ke seseorang yang bernama Dicky Arwanda yang juga kini telah diamankan oleh polisi.

“Uang yang saya dapat dari hasil jual (akun) untuk keperluan biaya sekolah,” ujarnya.(TribunJateng)
Polresta Surakarta Cyber News

Support by: Polda Jateng Cyber Team

Site Footer