Benahi Jalan Putri Cempo, DPUTR Gresik Anggarkan Rp 3 M

Support by: Polda Jateng Cyber Team

Polresta Surakarta Cyber News – Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Gresik telah mengalokasikan anggaran revitalisasi Jalan Putri Cempo Rp 3 miliar. Anggaran tersebut digunakan untuk memperbaiki jalan mulai gerbang Jalan Awikoen, Gending, hingga Gunung Petukangan.

Kepala DPUTR Gresik Gunawan Setijadi menyatakan, estimasi perbaikan anggaran Jalan Putri Cempo dibuat dalam perencanaan awal tahun. ’’Kondisi jalan sekarang lebih berubah (parah, Red) daripada saat perencanaan,’’ katanya saat dikonfirmasi terkait kondisi lapangan kemarin (13/7).

Kondisi Jalan Putri Cempo makin parah. Tanah longsor meluas. Bahkan, plengsengan penahan longsor rusak. Akibatnya, badan jalan terus tergerus dan makin parah. Kendaraan roda empat sudah tidak bisa berlalu-lalang di atas bukit tersebut. Sebab, lebar jalan saat ini hanya sekitar 1 meter. ’’Lelang (pekerjaan, Red) tetap kami lanjutkan. Tapi, dalam pelaksanaan, akan ada perubahan-perubahan sesuai kondisi sekarang,’’ lanjutnya.

Perbaikan bakal difokuskan pada perbaikan kondisi lereng yang longsor. Sebab, perbaikan jalan tidak bisa dilakukan bila tanah masih longsor. ’’Anggaran Rp 3 miliar itu akan digunakan untuk penanganan paling rawan. Jalan diperindah sedikit. Selanjutnya, lihat perkembangan,’’ ujar Gunawan.

Sekadar informasi, Jalan Putri Cempo makin mengkhawatirkan. Dinding tebing yang longsor terus menggerus badan jalan. Jalan desa itu makin sempit. Terdapat banner bertulisan ’’Hasil identifikasi BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Gresik bersama Kecamatan Kebomas dan Desa Gending, kondisi tanah sangat rawan longsor. Dan, masyarakat dihimbau untuk berhati-hati’’. (Jawapos)
Polresta Surakarta Cyber News

Support by: Polda Jateng Cyber Team

Site Footer