PNS Diperbolehkan Ikuti Upacara di Pemerintahan Terdekat Dengan Lampiran Bukti

Support by: Polda Jateng Cyber Team

Polres Tegal Kota – Polda Jateng – Puluhan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari beberapa Kementeriaan mengikuti upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2019, di Kota Tegal, yang dilaksanakan di halaman Pendopo Balai Kota Tegal Sabtu (1/6).

Mereka adalah ASN dari luar daerah yang pada tanggal 1 Juni 2019 sudah mudik di kota asal mereka yakni Kota Tegal. Sesuai Surat Edaran Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Nomor B.116/Ka.BPIP/05/2019 perihal pedoman peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2019 ysng mrngindtruksikan kepada ASN yang sudah mengambil cuti libur hari raya Idul Fitri dari Jum’at (31/5), diperbolehkan mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila di instansi Pemerintah terdekat dengan melampirkan bukti kehadiran.

Tercatat ada 22 pemohon surat keterangan kehadiran mengikuti upacara di Kantor Kesatuan Bangsa, politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Kota Tegal.
Kepala Kantor Kesbangpolinmas kota Tegal, Imam Teguh Sutopo ditemui sesaat setelah pelaksanaan upacara selesai menyampaikan, bahwa pihaknya telah memberikan keterangan menghadiri upacara Hari Lahir Pancasila kepada 22 pemohon.
Menurutnya, Kantor Kesbangpolinmas memberikan bukti kehadiran mengikuti Upacara dengan memberikan stempel dan tanda tangan di surat keterangan kehadiran yang dibawa oleh masing-masing pemohon.

Sementara itu salah satu PNS dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Republik Indonesia yang mengikuti upacara di Halaman Pendopo Balai Kota Tegal Nawang Hendrowati menyampaikan bahwa, dirinya sudah mudik di kota Tegal dari Jumat (31/5), namun dari instansinya mewajibkan seluruh PNS yang sudah mudik di daerah asal, untuk mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila di instansi pemerintah terdekat dengan melampirkan bukti kehadiran, baik surat keterangan dan foto.

Seperti halnya dengan Nawang, Slamet Handoko PNS dari Kementerian Sumberdaya Energi dan Mineral (ESDM) Republik Indonesia yang mengikuti upacara di Kota Tegal, menyampaikan bahwa ada kebijakan Kementerian ESDM yang meninstruksikan kepada pegawainya, yang pada tanggal (1/6) sudah mudik dikampung halaman, harus mengikuti upacara di instansi pemerintah terdekat, dengan menunjukan lampiran bukti kehadiran, berupa surat keterangan dan bukti foto bahwa sudah mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila di daerah.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang diselenggarakan di Pendopo Balai Kota Tegal dihadiri ribuan peserta, yang berasal dari unsur ASN, TNI polri, Linmas, organisasi masyarakat dan pelajar.

(Humas Polres Tegal Kota Polda Jateng)

Support by: Polda Jateng Cyber Team

Site Footer