Haedar Nashir : UMKU Adalah Implementasi Islam Berkemajuan Dan Center of Excellence Bagi Pencerdasan Kehidupan Bangsa

Support by: Polda Jateng Cyber Team

Polres Kudus Cyber News – Sesuai Surat Keputusan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 879/KPT/I/2018 tentang perubahan bentuk Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Kudus Menjadi Universitas Muhammadiyah Kudus pada tanggal 19/11/2018, di Lamongan Jawa Timur, tahun kemarin.

Kini Universitas Muhammadiyah Kudus mempunyai 13 Program Studi yaitu D3 Keperawatan, D3 Kebidanan, S1 Keperawatan, Profesi Ners, S1 Farmasi, S1 PGSD, S1 Matematika, S1 Ekonomi Syariah, A1 Akuntansi, S1 Teknik Industri, S1 Hukum, S1 Sistem Informasi, S1 Ilmu Komputer.

Untuk melengkapi sarana prasarana Universitas Muhammadiyah Kudus tak berapa lama lagi bakal memiliki Convention Hall atau sebuah gedung pertemuan serbaguna. Gedung yang pembangunannya di taksir akan menelan beaya sebesar Rp. 40 Miliar tersebut di bangun di atas lahan yang di sewa dari Pemkab Kudus.

Sebelum acara peletakan batu pertama pembangunan convention hall, terlebih dahulu diawali dengan seremonial peluncuran Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) dengan di tandai penekanan tombol sirine oleh ketua PP Muhammadiyah Dr. Haedar Nashir M.Si yang di dampingi Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI Jateng, Prof.Dr.H.DYP. Sugiharto, Sekretaris Umum PP Muhammadfiyah Abdul Mu’ti, ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah H. Tafsir dan Bupati Kudus HM Tamzil.

Dalam sambutannya Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir menyampaikan, dirinya masih berkeyakinan di Indonesia ini agama mampu memberi pencerahan karena masih banyak orang-orang yang memiliki nilai bahwa agama bukan merupakan sumber masalah. Namun pembawa kedamaian.

Amal usaha dan gerakan al-Maun yang sudah ditekuni Muhammmadiyah sejak pertama kali didirikan merupakan salah satu ciri gerakan dakwah Islam yang melekat di tubuh Muhammadiyah, yaitu dakwah bil hal (amal kongkrit) yang secara langsung dapat memberikan solusi dan manfaat bagi keperluan masyarakat luas.

“Ya kampus UMKU inilah implementasi bentuk peradaban itu atau yang dikenal sebagai gerakan Islam berkemajuan yang ditandai dengan gerakan pemurnian tauhid, yang fungsional dan solutif, berorientasi kekinian dan masa depan, bersikap toleran, dan bekerjasama,” ungkap Haedar Nashir.

Hadirnya lembaga pendidikan Muhammadiyah, khususnya UMKU merupakan bagian dari kontribusi Muhammadiyah dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Mencerdaskan kehidupan bangsa tidak cukup dengan berkumpul-kumpul secara massa, mencerdaskan kehidupan bangsa harus dengan membangun center of excellence,” ucap Haedar.

Haedar menjelaskan bahw Muhammadiyah membangun pusat-pusat keunggulan berangkat dari pandangan keagamaan Islam yang berkemajuan.

Usai sambutan dilanjutkan peletakan batu pertama pembangunan convention hall Universitas Muhammadiyah Kudus oleh Bupati Kudus Ir. H. Tamzil pada sebidang tanah yang terletak di bagian timur kampus UMKU.
Sementara itu di tempat terpisah Rektor UMKU Rusnoto, SKM., M.Kes (Epid) mengucapkan terima kasih kepada tamu undangan dan berharap acara ini memberikan dampak positif yaitu meningkatkan jalinan silaturrahim.

Rektor menyampaikan jika di pemerintah ada Beasiswa Bidikmisi dengan kuota yang terbatas, maka UMKU memberikan beasiswa khusus untuk warga Muhammadiyah dengan program tahfidh dan Panti Asuhan semoga dengan program tersebut dapat menjadikan warga Muhammadiyah mendapatkan Pendidikan tinggi.

 

Polres Kudus Cyber News

 

Sumber : jurnalpantura.id

Support by: Polda Jateng Cyber Team

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer