Pelayanan Prima SatLantas Polres Karanganyar Dalam Proses Penerbitan STNK Pajak Ulang Satu Tahunan

Support by: Polda Jateng Cyber Team

 

Polres Karanganyar –  SatLantas Polres Karanganyar selalu berusaha meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat Karanganyar yaitu dengan memberikan kemudahan dalam proses penerktan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor yang selanjutnya disingkat STNK , Pembayaran pajak ulang satu tahunan. Senin (13/5/2019)

STNK merupakan bukti registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor yang berfungsi sebagai kelengkapan kendaraan bermotor ketika bergerak dijalan, berisikan identitas pemilik, identitas kendaraan bermotor, nomor registrasi dan masa berlaku termasuk pengesahannya.

Masa berlaku STNK di indonesia adalah lima tahun. Namun setiap tahunnya kita diwajibkan membayar pajak tahunan yang besarnya sudah ditentukan sesuai tipe kendaraan di samsat Karanganyar. Inilah yang dimaksud dengan perpanjangan STNK. Sedangkan yang lima tahunan biasanya disebut dengan ganti plat nomor karena proses perpanjangan STNK selalu disertai dengan pergantian plat nomor kendaraan.

Berikut mekanisme penerbitan STNK :

1.) Masyarakat wajib pajak datang ke samsat Karanganyar menuju loket pendaftaran wajib pajak
2.) Wajib Pajak mendaftar dengan persyaratan yang lengkap.

Adapun Persyaratanya yaitu masyarakat wajib membawa STNK asli  dan foto copy , BPKB asli dan foto copy,Identitas diri asli sesuai dgn STNK dan foto copy x1 (identitas diri bisa KTP, C1, SIM, kartu anggota bagi anggota Polri / TNI)

3.) Setelah melengkapi persyaratanya , Masyarakat wajib pajak dapat mendaftarkan di loket pendaftaran wajib pajak , kemudian setelah mendapatkan print komputer resi pajak

4.) sambil Menunggu panggilan d untuk menerima resi pembayaran print komputer., wajib pajak dapat membayar di kasir

5.) Selanjutnya wajib pajak dapat menunggu di loket penyerahan stnk yang telah disahkan oleh petugas Samsat Karanganyar

Satlantas Polres Karanganyar selalu berusaha memberikan peningkatan pelayanan prima kepada masyarakat untuk mempermudah para wajib pajak yang datang di samsat karanganyar dengan memberikan sosialisasi mudahnya membayar pajak ulang satu tahunan .

Hal ini dimaksudkan guna meningkatkan kesadaran masyarakat karanganyar dalam membayar pajak, serta meminimalisir pelanggaran lalu lintas sebagaimana
yang tertera di “UULLAJ no.22 tahun 2009 pasal 288 ayat (1) juncto pasal 70 ayat (2),”
tentang pelanggaran STNK yang wajib disahkan setiap tahunya

 

Bripda Sufiana Mayasari

Support by: Polda Jateng Cyber Team

Site Footer