Akhir Tahun, 27 Kelurhan Sudah Aplikasikan E-Kelurahan

Support by: Polda Jateng Cyber Team

Polres Tegal Kota – Polda Jateng –¬†Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tegal optimistis menuntaskan target pemberlakuan e-kelurahan yang belum terealisasi di 14 kelurahan di empat kecamatan. Bahkan, dengan target 27 kelurahan hingga kini proses pemantapan menerapkan layanan E-Kelurahan ditargetkan bisa selesai secara menyeluruh di akhir tahun ini (2019, Red.).

Kepala Diskominfo Kota Tegal Markus Wahyu Priyono mengungkapkan, setelah berhasil menerapkan e-kelurahan di 13 kelurahan sepanjang 2018 pihaknya mengaku optimistis menyelesaikan secara penuh. Sebab, hingga saat ini layanan berbasis koneksi internet di tingkat kelurahan tersebut sudah bisa diakses masyarakat di tiga kecamatan untuk memudahkan pelayanan publik.

“Untuk target awal 2019 ini, Kelurahan Tegalsari yang sudah proses verifikasi tanda tangan dan data base semua file script,” jelas Markus.

Berdasarkan rincian e-kelurahan, lanjut Markus, hingga saat ini proses pelayanan publik dalam bentuk surat pengantar dan keterangan dinilai efektif bagi masyarakat. Di antaranya, Kelurahan Mintaragen, Randugunting, Slerok, Panggung, Debong Tengah, Peslor, Kejambon dan Mangkukusuman, Kalinyamat Wetan, hingga Tunon sudah menerapkan.

Hasilnya, layanan bagi masyarakat tersebut mendapatkan apresiasi dari masyarakat karena dianggap lebih cepat dan efisien untuk proses pengurusannya. “Jika e-kelurahan sudah terkoneksi penuh di 27 titik, akan disempurnakan dengan E-Kecamatan di empat titik,” ujarnya.

Pranata Komputer Ahli Pertama Diskominfo Khaerul Fahmi menambahkan, untuk lebih mengoptimalkan pemberlakuan e-kelurahan dan e-kecamatan, Diskominfo juga menyiapkan semua konsep. Di antaranya, mengumpulkan register tanda tangan elektronik untuk semua pejabat di semua kelurahan di Kecamatan Tegal Barat.

Selain itu, semua kelurahan lainnya juga terus ditargetkan kesiapannya seiring ketersediaan sarpras dan SDM-nya. “Layanan e-kelurahan, melayani semua permohonan surat pengantar dan keterangan, sedangkan administrasi kependudukan baik lahir, meninggal, dan pindah datang baru bisa diakses di tingkat kecamatan,” tandasnya.

(Humas Polres Tegal Kota Polda Jateng)

Support by: Polda Jateng Cyber Team

Site Footer