23.929 Anak di Kota Tegal Ditarget Tuntas Imunisasi

Support by: Polda Jateng Cyber Team

Polres Tegal Kota – Polda Jateng –¬†Dinas Kesehatan Kota Tegal mencatat, sebanyak 23.929 anak menjadi target sasaran imunisasi dasar lengkap hingga tuntas sepanjang 2019. Jumlah tersebut, meliputi target sebanyak 4.297 bayi menjadi sasaran imunisasi lengkap dan 19.632 anak yang menjadi sasaran imunisasi ulang.

Kepala Dinkes Kota Tegal Sri Primawati Indraswari melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P) Yuli Prasetya mengungkapkan, untuk rencana strategis (Renstra) imunisasi anak tuntas dan lengkap tahun ini ditargetkan bisa mencapai 98 persen.

Sebab, dengan total target mencapai 23.929 anak khusus imunisasi dasar lengkap dan ulang masih diperuntukkan bagi murid SD/MI. Yakni, Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) Campak dan DT bagi murid kelas 1 dan TD bagi kelas 2 dan 5.

“Target Imunisasi Dasar Lengkap, mencapai 95 persen dan Universal Children Imunization (UCI) Kelurahan mencapai 80 persen,” jelasnya.

Pelaksanaan IDL dan ulang, lanjut Yuli, bertujuan menambah kekebalan tubuh anak sebagai upaya mengantisipasi serangan virus-virus berbahaya yang menyebabkan penyakit. Menurutnya, program penuntasan IDL dan imunisasi ulang bagi anak sekolah juga menjadi wujud perhatian pemerintah daerah dalam mencetak generasi sehat sebagai aset bangsa di periode mendatang.

Pengelola Program Imunisasi Dinkes Kota Tegal, Rini Linggarwati menambahkan, teknis pelaksanaan BIAS vaksin campak dilakukan petugas puskesmas di masing-masing wilayah dengan mendatangi semua sekolah yang menjadi target BIAS Campak. Targetnya, anak kelas 1 yang akan diberikan imunisasi campak sekaligus pemeriksaan secara berkala satu tahun dua kali.

“Selain imunisasi campak, pemeriksaan kesehatan dan pemberian obat cacing juga dilakukan untuk murid kelas 1 hingga 6 SD,” imbuhnya.

(Humas Polres Tegal Kota Polda Jateng)

Support by: Polda Jateng Cyber Team

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer