Warga Terosobo Komitmen Tolak Politik Uang Dalam Pemilu 2019

Support by: Polda Jateng Cyber Team

Polres Kebumen Cyber News-Warga Desa Terosobo Kecamatan Prembun mendeklarasikan menolak politik uang pada Pemilu 2019. Selain ikrar, masyarakat setempat juga menempelkan stiker berisi penolakan politik uang di setiap rumah kepala keluarga. Launching Desa Terosobo sebagai desa anti money politik dilakukan, Sabtu (9/3/2019) dengan dihadiri Bupati dan Forkopimda Kebumen.

Masyarakat berikrar menolak politik uang, ‘Suara kami harga diri kami, harga diri kami adalah harga diri bangsa, Suara kami tidak bisa dibeli dengan apapun, Membeli suara kami berarti merendahkan martabat bangsa’. Desa anti money politik ini merupakan kerjasama Bawaslu Kebumen bersama Pemdes Terosobo dalam menolak money politik.

Ketua Bawaslu Kebumen Arif Supriyanto melalui Komisioner Bawaslu Divisi Hukum, Data dan Informasi, Nasihudin mengungkapkan, dipilihnya Terosobo karena institusinya berpandangan pada Pilkades 2017 termasuk desa bersih politik uang. Di sisi lain, komitmen menolak money politik juga datang dari pemerintah desa dan masyarakat Terosobo.

“Ini untuk membangun komitmen masyarakat menolak money politik pada Pemilu 2019. Harapan kami komitmen ini juga menular ke desa-desa lain di Kebumen,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Kebumen H Yazid Mahfudz mengungkapkan, mengatasi politik uang membutuhkan komitmen bersama penyelenggara, pemerintah dan masyarakat. Selain sosialisasi, edukasi masyarakat juga menjadi hal yang penting dalam pencegahan politik uang. Ia pun mengingatkan kepada para Tim Sukses dan para Caleg untuk tidak melakukan praktik politik uang/wuwuran.

“Kita perlu mengedukasi menjadi masyarakat yang suaranya tidak terbeli. Masyarakat yang perwira/plewira. Masyarakat yang lebih bahagia ketika dapat berbagi. Dan masyarakat yang memiliki rasa malu ketika terima wuwuran,” katanya.

Polres Kebumen Cyber News

Polres Kebumen Cyber News

Polres Kebumen Cyber News

Polres Kebumen Cyber News

 

Support by: Polda Jateng Cyber Team

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer