Sortir dan Lipat Surat Suara, KPU Libatkan Masyarakat

Support by: Polda Jateng Cyber Team

Polres Kebumen Cyber News-KPU Kabupaten Kebumen sudah mulai melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara. Sebagai awal, surat suara DPR RI Dapil VII Jawa Tengah dilakukan sortir dan pelipatan. Dalam kegiatan ini, KPU juga melibatkan para Panitia Pemungutan Suara (PPS) hingga masyarakat.

Tahap awal, terdapat 16 kecamatan yang melakukan pelipatan yaitu Kebumen, Pejagoan, Alian, Sadang, Karangsambung, Poncowarno, Kutowinangun, Prembun, Padureso, Bonorowo, Mirit, Ambal, Buluspesantren, Klirong, Petanahan, dan Puring. Sedangkan beberapa kecamatan dengan jumlah pemilih sedikit sudah selesai melakukan pelipatan seperti Kecamatan Poncowarno dan Padureso.

Ketua KPU Kabupaten Kebumen, Yulianto mengatakan, petugas sortir dan lipat di masing-masing kecamatan dikoordinir oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) setempat. Petugas diprioritaskan berasal dari penyelenggara pemilu seperti PPS. Akan tetapi jika tidak memungkinkan dapat dibantu oleh masyarakat.

“Diutamakan penyelenggara, karena mereka yang jauh lebih paham sebetulnya. Petugas ini telah dibekali dengan tata cara dan aturan pelipatan,” ungkapnya, Sabtu (9/3/2019).

Dijelaskan, tidak ada kendala berarti dalam proses sortir dan lipat yang sudah dimulai sejak Jumat (8/3) siang. Petugas hanya terkendala suasana gedung Juang yang cenderung panas. Disisi lain, metode kerja petugas juga dievaluasi untuk mempercepat pekerjaan.

“Hasil evaluasi hari pertama, sekarang pelipatan dilakukan oleh tim kecil di masing-masing kecamatan. Harapannya pekerjaan semakin efektif dan efisien,” jelasnya.

Yulianto menambahkan, terkait honor petugas sortir dan lipat ditanggung oleh KPU. Dimana untuk honor pelipatan surat suara DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Rp 100 per lembar. Surat suara DPD RI dibandrol Rp 80 tiap lembar dan surat suara Presiden dan Wakil Presiden Rp 60 tiap lembar.

“Surat suara yang sudah melalui sortir dan lipat akan dipersiapkan untuk dimasukkan ke dalam kotak suara,” tandasnya.

Data KPU Kabupaten Kebumen, hingga Sabtu (9/3) malam sudah terdapat tiga jenis surat suara yang datang di gudang KPU. Yaitu DPR RI tiba Rabu (6/3) dengan jumlah 1.094.163 lembar surat suara, surat suara DPRD Provinsi tiba Jumat (8/3) dengan yang sama dan terakhir surat suara DPRD Kabupaten dengan jumlah 1.101.167 lembar.

Polres Kebumen Cyber News

Polres Kebumen Cyber News

Polres Kebumen Cyber News

 

Support by: Polda Jateng Cyber Team

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer