KPU Kebumen Temukan Ribuan Surat Suara DPR RI Rusak

Support by: Polda Jateng Cyber Team

Polres Kebumen Cyber News–Ribuan surat suara DPR RI Dapil VII Jawa Tengah di Kabupaten Kebumen mengalami kerusakan. Kerusakan itu ditemukan KPU Kebumen dalam proses sortir dan lipat surat suara. Tercatat, hingga tiga hari proses sortir dan pelipatan ditemukan 3.214 surat suara DPR RI rusak.

Data KPU Kabupaten Kebumen, selama tiga hari total surat suara DPR RI yang tersortir sebanyak 538.534 lembar. Pada hari pertama, surat suara rusak ditemukan sebanyak 854 lembar, hari kedua 1.197 lembar dan ketiga 1.163 lembar. Sedangkan surat suara DPRD Provinsi Dapil X Jawa Tengah terdapat 474 rusak dari 58.515 lembar sortir.

Ketua KPU Kabupaten Kebumen melalui Divisi Teknis Penyelenggaraan, Danang Munandar mengungkapkan, proses sortir dan pelipatan surat suara DPR RI masih berlangsung. Dari jumlah surat suara total 1.094.163 lembar baru separo yang sudah tersortir.

“Surat suara DPR RI sementara yang rusak sekitar 0,60 persen,” ungkapnya, Senin (11/3/2019) saat Gathering dengan awak media di Kantor KPU Kebumen.

Dijelaskannya, kerusakan yang terjadi terhadap surat suara lebih didominasi kerusakan cetak, yakni ditemukan bercak tinta baik di dalam kotak ataupun luar kotak. Selain itu, juga terdapat kerusakan surat suara sobek sedikit di sisi tepi kertas.

“Untuk mengantisipasi dan kekhawatiran KPU, maka surat suara dipisah yang selanjutnya akan dilaporkan ke KPU Provinsi untuk penggantian,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kebumen Yulianto menjelaskan saat ini surat suara yang sudah datang yaitu DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten, dan sebagian DPD. Sedangkan kekurangan surat suara DPD maupun Presiden dan Wakil Presiden dalam waktu dekat akan disusulkan ke Kebumen.

“Hari ini sudah mulai dilakukan packing memasukkan surat suara ke kotak suara di gudang KPU Kebumen,” katanya

Polres Kebumen Cyber News

Polres Kebumen Cyber News

Polres Kebumen Cyber News

Support by: Polda Jateng Cyber Team

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer