Dinilai Mampu Jaga Netralitas, Anggota Pramuka Diajak Awasi Pemilu

Support by: Polda Jateng Cyber Team

Polres Kebumen Cyber News-Bawaslu Kabupaten Kebumen menggandeng Pramuka dalam rangka pengawasan pemilu 2019. Pramuka ditempatkan sebagai pengawas partisipatif untuk membantu kinerja pengawasan. Dipilihnya Pramuka karena Bawaslu memandang selama ini masih menjaga netralitas dalam Pemilu 2019.

“Pandangan Bawaslu, Pramuka sebagai organisasi yang masih bebas dari politisasi,” ungkap Ketua Bawaslu Kebumen Arif Supriyanto saat Sosialisasi Pengawas Partisipatif di Meotel Dafam, Senin (11/3/2019).

Arif mengatakan, pengawas partisipatif diharapkan dapat membantu secara obyektif pengawasan pemilu. Menurutnya, peran serta Pramuka dalam pengawasan yaitu menyampaikan informasi terkait dugaan pelanggaran atau penyimpangan pemilu yang ditemuinya.

“Pada prinsipnya pengawasan dapat dilakukan oleh setiap orang dengan harapan membantu Bawaslu dalam mengawasi pelaksanaan pemilu,” jelasnya.

Lebih jauh Arif menjelaskan, sejumlah pelanggaran pemilu yang rawan yaitu politik uang, penggunaan fasilitas pendidikan, pemerintah dan keagamaan. Selain itu juga keterlibatan aparatur sipil negara (ASN) hingga perangkat maupun pelibatan masyarakat yang tidak termasuk pemilih dalam kampanye.

“Kalau yang paling berpotensi tentu politik uang, meskipun sampai sejauh ini Bawaslu belum menemukan,” katanya.

Sementara itu, Anggota Bawaslu Divisi SDM dan Organisasi Maria Erni Peristiwanti mengungkapkan, obyek pengawasan partisipatif antara lain pada masa kampanye, masa tenang dan pemungutan serta penghitungan suara. Adapun pelanggaran kampanye yang mungkin terjadi yaitu kampanye di luar jadwal, kampanye di tempat pendidikan, keagamaan ataupun fasilitas pemerintah, politik uang.

“Tentu Pramuka dapat berperan baik dalam pengawasan, juga mengamakan proses pemungutan dan penghitungan suara,” katanya.

Polres Kebumen Cyber News

Polres Kebumen Cyber News

Polres Kebumen Cyber News

 

Support by: Polda Jateng Cyber Team

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer