Polsek Jatipurno Mediasi Warga Dan Peternak Ayam

Support by: Polda Jateng Cyber Team

jurnalterkini.com — Polres Wonogiri Polda Jateng, Merasa dirugikan sejumlah warga menuntut pemilik kandang ayam. Tuntutan ini dilakukan karena warga merasa tidak nyaman adanya lahan yang digunakan untuk ternak kandang ayam.

Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti Istiwidayati melaului Humas Polres Wonogiri AIPDA, Iwan Sumarsono menerangkan, bahwa jajaran kami Polsek Jatipurno dan koramil  ikut hadir saat perwakilan warga Desa Tawangrejo, Kecamatan Jatipurno menuntut terkait adanya kandang ayam di Desa setempat karena masyarakat merasa terganggu.

Seperti diketahui, Suparno pemilik kandang ayam yang berlokasi di Dusun Gendungan, Desa Tawangrejo, Kecamatan Jatipurno sudah berdiri sejak tahun 2002, saat itu kapasitas 3.500 ayam. Namun seiring berjalannya waktu, pada awal tahun 2018 kandang ayam lebih diluaskan menjadi kapasitas 18.000 ayam.

“Jarak yang sangat berdekatan dengan warga yang membuat masyarakat menolak karena bau dan kebisingan dari blower yang mengganggu kenyamanan warga,” jelasnya, Kamis (14/03/2019).

Setelah melalui beberapa proses yang ulet terkait penyelesaian masalah, warga meminta kepada pemilik kandang untuk menyelesaikan dan pembaharuan administrasi sesuai aturan perundang-undangan.

Selain itu pihaknya juga menunggu hasil uji Lab persyaratan perijinan, jika hasil menunjukkan bahwa lokasi tersebut tidak melebihi ambang batas dalam taraf wajar dan perijinan sesuai peraturan perundang undangan yang berlaku bisa di penuhi maka pemilik kandang boleh mengisi kembali kandang ayam.

“Namun jika hasil uji lab menyatakan tidak wajar, maka pemilik kandang terpaksa harus menghentikan proses peternakan ayam,”terangnya.

Selanjutnya mediasi berjalan lancar kondusif karena turut hadir petugas Polsek dan Koramil Jatipurno yang ikut mendampingi mediasi antara warga dan pemilik usaha ayam tersebut.

Sumber : hitamputih.co

Editor : iones login by polda jateng

Support by: Polda Jateng Cyber Team

Site Footer