Ngaku Bisa Cairkan Uang Ghoib, Sejumlah Warga di Adiwerna Ditipu Hingga Rp654 Juta

Support by: Polda Jateng Cyber Team

Polres Tegal Kota Cyber News – Polda Jateng – Penipuan bermodus penggandaan uang atau uang ghoib berhasil diungkap Polsek Adiwerna Kabupaten Tegal. Satu tersangka ditangkap setelah memperdaya empat korbannya dan membawa kabur uang sebanyak Rp654 juta.

Tersangka yang ditangkap yakni Rokhim (39) warga Desa Sikasur Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang. Tersangka ditangkap tim dari Unit Reskrim Polsek Adiwerna dan Satreskrim Polres Tegal pada Minggu (10/2) di rumah istri keduanya di Desa Mendelem Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang.

Kapolsek Adiwerna AKP Yuliantoro mengungkapkan, tersangka ditangkap setelah dilakukan penyelidikan atas laporan warga yang ditipu tersangka dengan modus penggandaan uang.

“Tersangka menjanjikan dapat menyempurnakan uang ghoib yang akan dicairkan melalui rekening dalam jumlah miliaran rupiah. Tapi sebelum dicairkan, syaratnya korban harus menyerahkan sejumlah uang lebih dulu serta melakukan beberapa ritual dan sesaji,” ungkap Yuliantoro kepada radartegal.com, Selasa (12/2).

‎Menurut Yuliantoro, para korban tergiur dengan uang ghoib yang dijanjikan tersangka sehingga mau menyerahkan sejumlah uang baik tunai maupun melalui transfer kepada tersangka. ‎Total kerugian empat korban yang sudah melapor ke Polsek Adiwerna mencapai Rp654 juta.

“Empat korban sudah menyerahkan uang ke tersangka dengan jumlah mulai dari Rp80 juta sampai Rp225 juta,” ungkapnya.

Sementara barang bukti yang diamankan dari tangan tersangka, lanjut Yuliantoro, yakni satu unit sepeda motor Honda Sonic G 6050 AFF, tiga buah handphone, serta berkas transaksi dan bukti tranfer bank. “Tersangka dikenakan pasal 372 dan 378 KUHP,” ucapnya.

Yuliantoro menyebut penyidik saat ini masih mengembangkan kasus tersebut untuk mengetahui apakah ada keterlibatan tersangka lain atau tidak. “Untuk korban, sejauh ini yang sudah melapor empat orang,” pungkasnya. (far/zul)

Support by: Polda Jateng Cyber Team

Site Footer