Anies: Jangan Bayangkan Becak Kembali ke Jalan Thamrin

Polresta Surakarta Cyber News — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan operasional becak di Jakarta tidak akan terjadi di jalan-jalan protokol ibu kota Republik Indonesia tersebut.

“Jangan membayangkan becak kembali ke Jalan Thamrin. Itu orang hidupnya tahun 70an, tahun 80an, hari ini tidak ada orang pakai becak di jalan utama,” kata Anies di Balai Kota Jakarta, Kamis (11/10).

Anies juga menegaskan jika tidak akan membuka akses kepada para tukang becak untuk beroperasi di jalan protokol atau jalan-jalan utama di Jakarta.

Anies menuturkan alasannya kembali memperbolehkan operasional becak di Jakarta karena memang masih ada permintaan jasa becak, terutama di wilayah perkampungan.

Jika saat ini tidak ada lagi yang membutuhkan jasa becak, kata Anies, alat transportasi roda tiga itu sudah tidak ada lagi di Jakarta.

“Jika tidak ada yang menggunakan ya dia [becak] tidak akan beroperasi, justru karena di kampung-kampung itu terjadi demand,” ujarnya.

Atas dasar itu, Anies pun berencana untuk mengatur wilayah-wilayah mana saja yang boleh bagi para pengendara becak beroperasi. Saat ini, Pemprov DKI tengah mengusulkan untuk merevisi Perda Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum.

Anies menyampaikan pihaknya telah mengirimkan surat kepada DPRD terkait dengan usulan revisi perda tersebut.

“Kalau suratnya sudah saya kirim hampir dua bulan yang lalu,” ucap Anies.

Sebelumnya, Anies menyatakan akan membatasi membatasi wilayah operasional becak di Jakarta.

“Saya akan mengatur sehingga mereka [tukang becak] beroperasi di wilayah yang benar, yang tepat, yang sesuai, sehingga Jakarta itu [memberikan] kesempatan untuk semuanya,” tutur dia, di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (9/10).

Lebih dari itu, Anies menegaskan Pemprov DKI juga tidak akan menyiapkan jalur khusus bagi becak. Yang disiapkan, sambung Anies hanya wilayah operasional bagi becak.

“Jadi bukan jalur khusus becak, ada wilayah-wilayah di mana situ [sudah ada becak beroperasi],” katanya.

 

Polresta Surakarta Cyber News

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer