Penerimaan CPNS 2018, Berikut Formasi yang Dibutuhkan Jateng..

Polresta Surakarta Cyber News—Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) mendapat kuota 1.926 orang dalam Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 yang telah dibuka pada Rabu (19/9/2018). Dari jumlah sebanyak itu ada beberapa formasi yang dibutuhkan Pemprov Jateng.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, melalui akun Instagram @ganjar_pranowomenyebutkan dari 1.926 CPNS yang dibutuhkan Pemprov Jateng, 864 kuota di antaranya diperuntukan bagi tenaga pengajar, sedang 803 orang untuk tenaga kesehatan, dan 256 kuota untuk tenaga teknis.

“Mau jadi CPNS,” tulis akun Instagram @ganjar_pranowo sambil mengunggah data formasi CPNS yang dibutuhkan Pemprov Jateng, Kamis (20/9/2018).

 

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jateng, Mohamad Arief Irwanto, membenarkan informasi terkait kebutuhan CPNS Pemprov Jateng yang diunggah akun Instagram @ganjar_pranowo tersebut.

“Njeh betul, total 1.926 njeh,” tulis Arief melalu aplikasi WA kepada Semarangpos.com, Kamis petang.

Sebelumnya Arief juga menjelaskan bahwa kuota 1.926 CPNS itu hanya diperuntukkan untuk Pemprov Jateng. Sementara, untuk kabupaten dan kota di Jateng, kebutuhannya disesuaikan atas permintaan masing-masing kepala daerah.

“Pendidika 50%, kesehatan 30%, sisanya untuk [tenaga] infrastruktur, seperti Binamarga, PSDA, dan permukiman,” jelas Arief.

Ia juga mengatakan, sebagian dari ribuan posisi lowong itu nantinya mengisi posisi pegawai negeri sipil atau aparatur sipil negara (ASN) yang memasuki masa pensiun tahun ini. ASN Pemprov Jateng yang akan purnatugas tahun 2018 mencapai 1.682 orang.

Disinggung apakah ada prioritas bagi guru honorer untuk sektor pendidikan, Arief mengatakan itu menjadi kewenangan sepenuhnya Badan Kepegawaian Negara (BKN). “K2 (guru honorer Kategori 2) terdata di BKN, jumlahnya saya belum tahu karena kewenangannya BKN,” tulisnya.

Penerimaan CPNS 2018 resmi dibuka, Rabu kemarin. Total ada 238.015 kuota dari 51.271 instansi pusat dan 187.744 instansi daerah yang diperebutkan dalam penerimaan CPNS kali ini.

Sistem pendaftaran dan seleksi CPNS 2018 akan dilakukan secara terintegrasi melalui portal nasional http://sscn.bkn.go.id dan tidak melalui portal mandiri oleh instansi yang membutuhkan tenaga baru tersebut.

 

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer